Senin 25 September 2017
shade

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Badan Peradilan sebagai pelaksana Kekuasaan Kehakiman yang bertugas menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan Pancasila, dengan tugas pokok menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan setiap perkara yang diajukan kepadanya dan tugas lain yang diberikan kepadanya berdasarkan undang-undang.

Pengadilan Negeri Jambi  sebagai salah satu Badan Peradilan merupakan Pengadilan Klas IA dipimpin oleh seorang Ketua dibantu oleh seorang Wakil Ketua, yang kedua-duanya dinamakan Pimpinan Pengadilan, bertugas dan bertanggung jawab atas terselenggaranya peradilan dengan baik dan menjaga terpeliharanya citra dan wibawa Pengadilan.

Mengingat luas lingkup tugas dan berat beban pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh Pengadilan, oleh undang-undang dibedakan menurut jenisnya kedalam :

A. Administrasi Kepaniteraan.

B. Administrasi Kesekretariatan.

Pimpinan Pengadilan melakukan tugas managerial skill, yang meliputi pembuatan rencana kerja (programming), mengatur pelaksanaannya (organizing), melaksanakan rencana kerja (executing) dan mengawasi pelaksanaannya (controlling), baik meliputi bidang teknis yustisial maupun administrasi umum dan administrasi perkara dan tugas-tugas lain yang dibebankan oleh undang-undang.

Pimpinan Pengadilan menciptakan koordinasi antar pimpinan unit struktural dan Pejabat Tehnis.

 

TUGAS KETUAPENGADILAN :

1.   Menetapkan rencana kerja.

2.   Menetapkan/menentukan hari-hari tertentu untuk melakukan persidangan  perkara perdata maupun pidana

3.    A. Menetapkan panjar biaya perkara.

           B. Dalam hal para pihak tidak mampu, Ketua dapat mengizinkan untuk beracara secara prodeo

4.   Membagi perkara perdata gugatan, permohonan dan perkara pidana biasa singkat, cepat, praperadilan dan ganti rugi kepada Hakim untuk disidangkan.

5.   Dapat mendelegasikan wewenang kepada Wakil Ketua untuk membagi perkara perdata permohonan dan perkara pidana singkat dan cepat, menunjuk Hakim untuk menyidangkannya.

6.   Menunjuk Hakim untuk mencatat gugatan atau permohonan secara lisan

7.   Memerintahkan kepada Jurusita untuk melakukan pemanggilan, agar terhadap termohon eksekusi dapat dilakukan tegoran (aanmaning) untuk memenuhi putusan yang telah berkekuatan hukum tetap, putusan serta merta, putusan provisi dan pelaksanaan eksekusi lainnya.

8.   Memerintahkan kepada Jurusita untuk melaksanakan somasi.

9.    A. Berwenang menangguhkan eksekusi untuk jangka waktu tertentu, dalam hal ada gugatan perlawanan.

       B. Berwenang menangguhkan eksekusi dalam hal ada permohonan peninjauan kembali hanya atas perintah Ketua Mahkamah Agung.

10. Melakukan pembinaan terhadap Hakim dan Pegawai di lingkungan Pengadilan Negeri

11. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan tingkah laku Hakim, pejabat struktural, pejabat fungsional.

12. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan dan pertanggung jawaban anggaran serta pelaporan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku tanpa mencampuri pelaksanaan pengelolaan anggaran.

13. Mengkoordinasikan pembinaan karier,usulan jabatan dan promosi terhadap Hakim dan Pegawai.

14. Melakukan Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan terhadap Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris.

TUGAS WAKIL KETUA :

1.   Melaksanakan Tugas Ketua apabila Ketua berhalangan

2.   Melaksanakan tugas yang diselegasikan oleh Ketua kepadanya

3.   Dalam hal Ketua mendelegasikan wewenang pembagian perkara permohonan, dibagikan kepada Hakim secara merata.

TUGAS HAKIM :

1.   Hakim bertugas membantu pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaan serta pengorganisasiannya.

2.   Melakukan pengawasan yang ditugaskan Ketua untuk mengamati apakah pelaksanaan tugas telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan melaporkannya kepada Pimpinan Pengadilan

3.   Melakukan tugas pengawasan dan pengamatan (KIMWASMAT) terhadap pelaksanaan putusan pidana di Lembaga Pemasyarakatan dan  melaporkannya kepada Mahkamah Agung.

Dalam melaksanakan tugas tersebut diatas pimpinan Pengadilan didukung oleh Panitera dan Sekretaris dan pimpinan unit struktural serta pejabat peradilan lainnya.

A. ADMINISTRASI KEPANITERAAN.

TUGAS PANITERA :

  1. Membantu Ketua/Wakil Ketua dalam perencanaan atau penyusunan tugas-tugas kebijaksanaan Pimpinan.
  2. Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan, bertanggung jawab atas pengurusan berkas perkara, putusan, dokumen, akta, buku daftar, biaya perkara, uang titipan pihak ketiga, surat surat bukti dan surat-surat lainnya yang disimpan di Kepaniteraan.
  3. Mengatur tugas Panitera Muda, Panitera Pengganti, Jurusita dan Jurusita Pengganti.
  4. Menerima serta membuat daftar semua perkara permohonan dan pendaftaran badan hukum yang diterima di Kepaniteraan.
  5. Melegalisir salinan putusan.
  6. Menerima Permohonan Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali.
  7. Melegalisir surat-surat yang akan dijadikan bukti dalam persidangan.
  8. Pemungutan biaya-biaya Pengadilan dan menyetorkannya ke Kas negara.
  9. Menyetujui pengiriman berkas perkara yang dimohonkan Banding, Kasasi atau Peninjauan kembali.
  10. Melaksanakan, melaporkan dan mempertanggungjawabkan eksekusi yang telah ditetapkan dan diperintahkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Jambi.
  11. Menerima uang titipan pihak ketiga dan melaporkannya kepada Ketua Pengadilan.
  12. Monitoring laporan-laporan : Adminsitrasi Perkara maupun adminsitrasilain-lainnya.
  13. Melaksanakan pengawasan dan koordinasi terhadap : Panitera Muda maupun Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti.
  14. Melaksanakan Pengawasan terhadap seluruh Register Induk Perkara Perdata maupun Register Induk Perkara Pidana dan Register lainnya.
  15. Mengawasi ketepatan laporan-laporan kegiatan Kepaniteraan.
  16. Mempertanggungjawabkan tugasnya kepada Ketua / Wakil ketua.

TUGAS PANITERA MUDA PERDATA :

1.       Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.

2.       Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaan serta pengorganisasiannya.

3.       Melaksakan administrasi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan perkara berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara perdata.

4.       Memberi nomor register kepada setiap perkara yang diterima dikepaniteraan perdata.

5.       Mencatat setiap perkara yang diterima kedalam buku daftar yang disertai catatan singkat tentang isinya.

6.       Menyerahkan salinan putusan kepada para pihak yang berperkara bila memintanya.

7.       Menyiapkan berkas perkara yang dimohonkan Banding, Kasasi atau Peninjauan Kembali.

8.       Menyerahkan arsip berkas perkara kepada Panitera Muda Hukum

9.       Melaksanakan pengawasan melekat dilingkungan Kepaniteraan Muda Perdata.

TUGAS PANITERA MUDA PIDANA:

1.       Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.

2.       Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaan serta pengorganisasiannya.

3.       Melaksakan administrasi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan perkara berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara pidana.

4.       Memberi nomor register kepada setiap perkara yang diterima dikepaniteraan pidana.

5.       Memberi nomor register dengan acara singkat yang telah diputus Hakim atau diundur hari persidangan.

6.       Mencatat setiap perkara yang diterima kedalam buku daftar yang disertai catatan singkat tentang isinya.

7.       Menyerahkan salinan putusan kepada Jaksa, Terdakwa atau Kuasanya serta Lembaga Pemasyarakatan apabila Terdakwa ditahan.

8.       Menyiapkan berkas perkara yang dimohonkan Banding, Kasasi atau Peninjauan Kembali.

9.       Menyiapkan berkas permohonan Grasi.

10.     Menyiapkan arsip berkas perkara / permohonan Grasi kepada Panitera Hukum.

11.     Melaksanakan pengawasan melekat dilingkungan Kepaniteraan Muda Pidana.

TUGAS PANITERA MUDA HUKUM:

1.   Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.

2.   Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaan serta pengorganisasiannya.

3.   Mengumpulkan, mengolah dan mengkaji data, menyiapkan statistik perkara, menyusun laporan perkara, menyiapkan arsip berkas perkara, daftar notaris, penasehat hukum serta tugas lain yang diberikan berdasrakan peraturan perundang - undangan.

4.   Melaksanakan pengawasan melekat dilingkungan Kepaniteraan Muda Hukum.

TUGAS PANITERA MUDA TIPIKOR:

1.       Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.

2.       Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaan serta pengorganisasiannya.

3.       Melaksakan administrasi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan perkara berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara tipikor.

4.       Memberi nomor register kepada setiap perkara yang diterima di kepaniteraan tipikor.

5.       Memberi nomor register dengan acara singkat yang telah diputus Hakim atau diundur hari persidangan.

6.       Mencatat setiap perkara yang diterima kedalam buku daftar yang disertai catatan singkat tentang isinya.

7.       Menyerahkan salinan putusan kepada Jaksa, Terdakwa atau Kuasanya serta Lembaga Pemasyarakatan apabila Terdakwa ditahan.

8.       Menyiapkan berkas perkara yang dimohonkan Banding, Kasasi atau Peninjauan Kembali.

9.       Menyiapkan berkas permohonan Grasi.

10.     Menyiapkan arsip berkas perkara / permohonan Grasi kepada Panitera Hukum.

11.     Melaksanakan pengawasan melekat dilingkungan Kepaniteraan Muda Tipikor.

TUGAS PANITERA MUDA PHI:

1.       Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.

2.       Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaan serta pengorganisasiannya.

3.       Melaksakan administrasi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan perkara berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara perselisihan hubungan industrial.

4.       Memberi nomor register kepada setiap perkara yang diterima di kepaniteraan perselisihan hubungan industrial.

5.       Memberi nomor register dengan acara singkat yang telah diputus Hakim atau diundur hari persidangan.

6.       Mencatat setiap perkara yang diterima kedalam buku daftar yang disertai catatan singkat tentang isinya.

7.       Menyiapkan berkas perkara yang dimohonkan Kasasi atau Peninjauan Kembali.

8.       Melaksanakan pengawasan melekat dilingkungan Kepaniteraan Muda PHI.

TUGAS PANITERA PENGGANTI :

1.       Membantu Hakim dalam persidangan perkara perdata dan pidana serta melaporkan kegiatan persidangan tersebut kepada Panitera Muda yang bersangkutan.

2.       Membantu Hakim dalam membuat penetapan hari sidang, Berita Acara Persidangan, mengetik putusan, penetapan Terdakwa tetap ditahan, dikeluarkan dari tahanan atau dirubah jenis penahanannya.

3.       Melaporkan barang bukti.

4.       Melaporkan kepada Panitera Muda Perdata dan Pidana untuk mencatat perkara yang sudah putus berikut amar putusannya.

5.       Menyerahkan berkas perkara kepada Panitera Muda Perdata apabila telah selesai diminutasi.

TUGAS JURUSITA :

1.       Melaksanakan semua perintah yang diberikan oleh Ketua Pengadilan, Ketua Sidang dan / atau Panitera.

2.       Menyampaikan pengumuman-pengumuman dan pemberitahuan putusan pengadilan menurut cara-cara berdasarkan ketentuan undang-undang.

3.       Melaksanakan tugasnya di wilayah Pengadilan Negeri yang bersangkutan.

B. ADMINISTRASI KESEKRETARIATAN

TUGAS SEKRETARIS :

  1. Melaksanakan Tugas Kesekretariatan yang terdiri dari Umum dan Keuangan, Kepegawaian, Oganisasi dan Tatalaksana dan Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.
  2. Membantu Ketua/Wakil Ketua untuk secara langsung membina, meneliti dan mengawasi ketertiban pelaksanaan tugas administarasi kesekretariatan.
  3. Membuat Perencanaan dan mengawasi pelaksanaan kegiatan.
  4. Mengawasi dan memelihara Gedung dan Lingkungan Kantor termasuk sarana dan prasarana Gedung serta perlengkapan inventaris.
  5. Merencanakan, mengkoordinir, mengawasi, mengevaluasi, kegiatan Sub Bagian Umum dan Keuangan, Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tatalaksana, Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.
  6. Bertanggung jawab atas kebersihan k
  7. Memberikan penilaian DP3 kepada para Kasubbag .
  8. Mempertanggungjawabkan tugasnya kepada Ketua / Wakil ketua.

TUGAS KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN:

  1. Bertanggung jawab atas kelancaran dari pelaksanaan tugas pada Sub Bagian Umum dan Keuangan.
  2. Bertanggung Jawab Dalam Menyusun Program Rencana Kerja Pada Sub Bagian Umum dan Keuangan.
  3. Menyelenggarakan Belanja Rutin.
  4. Menyelenggarakan Gaji dan rapel Pegawai.
  5. Menguji Surat Perintah Pembayaran (SPM).
  6. Membuat Laporan mengenai keadaan Kas Rutin.
  7. Melakukan Pemeriksaan Kas Rutin dan Pendapatan kepada Ketua dan Sekretaris.
  8. Melaprkan Realisasi Pendapatan Non Tax kepada Sekretaris bersamaan dengan Realisasi Anggaran Rutin.
  9. Mengusulkan Pengangkatan bendaharawan Pengeluaran dan Penerima.
  10. Penanggung Jawab Pekerjaan Bagian Umum dan Keuangan.
  11. Membagi tugas / mengawasi Bagian Umum dan Keuangan.
  12. Mengelola Kebersihan / Ketertiban / Keamanan.
  13. Mengelola Inventarisasi / Laporannya.
  14. Mengajukan Pemeliharaan, Penditribusian dan penghapusan Barang Milik Negara.

TUGAS KEPALA SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN, ORGANISASI DAN TATALAKSANA :

  1. Bertanggung jawab atas kelancaran dari pelaksanaan tugas pada Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tatalaksana.
  2. Bertanggung Jawab Dalam Menyusun Program Rencana Kerja Pada Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tatalaksana.
  3. Memproses Kenaikan Pangkat.
  4. Memproses Gaji Berkala
  5. Membuat Absensi.
  6. Membuat Cuti Pegawai.
  7. Mempersiapkan Sumpah Jabatan PNS.
  8. Menyelesaikan SPMJ , SPMT.
  9. Menjaga dan melengkapi file kepegawaian.
  10. Membuat Bezeting.

TUGAS KEPALA SUB BAGIAN PERENCANAAN, TEKNOLOGI INFORMASI DAN PELAPORAN :

  1. Bertanggungjawab atas kelancaran dari pelaksanaantugas pada Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.
  2. Bertanggungjawab dalam menyusun Program Rencana Kerja pada Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.
  3. Membuat penyusunan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).
  4. Menyusun konsep permintaan revisi anggaran dan atau permintaan Anggaran Belanja Tambahan (ABT).
  5. Mengelola dan mengupload segala bentuk laporan dan berita ke dalam website.
  6. Melakukan update dan maintenance CTS/SIPP.
  7. Melaksanakan pengelolaan infrastruktur server dan jaringan.
  8. Membuat laporan PP No.39 Tahun 2006/BAPPENAS.
  9. Menyusun konsep Rencana Strategis (Renstra).
  10. Menyusun konsep Rencana Kinerja Tahunan (RKT).
  11. Menyusun konsep Pentepan Kinerja Tahunan (PKT).
  12. Menyusun konsep Indikator Kinerja Utama (IKU);
  13. Menghimpun, menyusun dan mengkoordinasikan penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP).
  14. Membuat laporan tahunan satuan kerja.

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1